Benchmarking KPI Program Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan ke UIN Sunan Kalijaga.

Berita Utama, Terbaru126 Dilihat

GeriaMedia.com-Yokyakarta

Pelaksanaan benchmarking Program  Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Program Magister Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sukses di Aula Dekan FDK UIN Sunan Kalijaga di Yokyakarta, Senin (27/5/2024). Dalam perbandingan ini diharapkan berdampak pada optimis akreditasi unggul prodi KPI UIN Syahada Padangsidimpuan.

Kehadiran rombongan Kaprodi UIN Syahada Padangsidimpuan, Dr. Icol Dianto, S. Sos. I, M. Kom. I mendapat sambutan hangat dari Dekan FDK Prof. Dr. Marhumah, M.Pd, Wakil Dekan 3 Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, M.Si, Kaprodi Magister KPI UIN Sunan Kalijaga Dr. Hamdan Daulay, M.Si, M.A., Kabag Umum Dr. Zainal Ilmi, M.Pd., Tenaga IT FDK Habiburrahman. Selain itu, turut hadir Bendahara Umum P2MI sekaligus Kaprodi S1 PMI Dr (C) Siti Aminah, M.Si.

Dalam sambutannya, Dekan FDK UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Marhumah, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. “Kami merasa terhormat dan senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan rekan-rekan dari Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas akademik dan kerja sama antar kedua institusi,” ujar Prof. Dr. Marhumah.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Marhumah, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi dan diskusi. Dalam sesi ini, Dekan FDK Prof Marhumah mempresentasikan materi persiapan borang akreditasi. Mulai dari kerja sama, minat, dan kerja sama, serta pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam.

“Saya baca dalam permintaan surat yang masuk ke kami, ini seperti presentasi borang akreditasi. Lengkap semua mewakili standar 9 dalam borang akreditasi. Namun nanti kita sharing aja, diskusi dan kami akan jelaskan proses yang telah kami lakukan,” katanya.

Dalam acara benchmarking tersebut, kedua pihak berbagi pengalaman dan strategi dalam pengelolaan program studi serta inovasi-inovasi terbaru, terutama akreditasi internasional yang telah diraih oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Zulhimma, M.Pd menjelaskan tujuan pelaksanaan Benchmarking prodi-prodi yang ada di Pascasarjana. “Kami berharap melalui benchmarking ini, kami dapat belajar dan memperkaya wawasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam pengelolaan program studi, terutama Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Dr. Icol Dianto, M.Kom.I menyampaikan rasa hormatnya dan terima kasih atas sambutan hangat dari UIN Sunan Kalijaga. “Benchmarking ini merupakan kesempatan emas bagi kami untuk mempelajari praktik-praktik terbaik yang telah diterapkan di UIN Sunan Kalijaga. Kami berharap dapat menerapkannya di institusi kami untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Dr Icol Dianto kepada media ini.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua institusi, yang bertujuan untuk mempererat kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi di masa mendatang. Tidak lupa juga, saling berbagi cendra mata berupa buku referensi tentang Dakwah dan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang terbaru yang merupakan hasil dari kedua pihak.

Dengan adanya kegiatan benchmarking ini, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, serta memberikan dampak positif dalam pengembangan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di kedua lembaga.(Ikhwan Nasution/01).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *