Woww, aliran das sungai bisa dijadikan pembangunan perumahan berkah Syriah kace sampai saat ini pihak developer bungkam.

 

jurnalispolisinews.com

Minggu, 07 Juli 2024

17.52

Woww, aliran das sungai bisa dijadikan pembangunan perumahan berkah Syriah kace sampai saat ini pihak developer bungkam.

 

 

Bangka,Hal ini telah diatur dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2015 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai.

Area sempadan memiliki jarak yang berbeda-beda di setiap sungai, tergantung pada kriteria sungai dan letak sungai tersebut. Penetapan garis sempadan diadakan sebagai upaya menjaga kelestarian, kegunaan, dan pengendalian atas sumber daya setiap sungai serta manusia yang melakukan aktivitas di sekitar sungai juga memiliki risiko yang lebih kecil terkena bencana alam.

Memiliki bangunan di sempadan atau pinggiran sungai kadang menjadi impian sebagian orang karena dapat menikmati suara aliran air sungai dan indahnya pemandangan disekitarnya. Namun perlu disadari ada beberapa resiko ketika mendirikan bangunan di sempadan sungai diantaranya :

1. Tuntutan hukum

Pada beberapa daerah telah dikeluarkan Peraturan Daerah yang menerangkan sanksi untuk pemilik atau pengguna bangunan yang melanggar dapat dikenai sanksi administrasi dan atau sanksi pidana, terkait sanksi administrasi kepada pemilik bangunan dapat berupa peringatan tertulis, pencabutan izin bangunan dan pembongkaran bangunan. Sedangkan sanksi pidana dapat diancam pidana kurungan.

2. Risiko banjir

Bangunan yang berada sangat rawan terhadap banjir. Ketika intensitas hujan tinggi, debit air sungai bisa meningkat dengan cepat dan meluap, menyebabkan banjir pada masuk kedalam bangunan dan menghayutkan barang-barang berharga yang berada didalam bangunan.

3. Struktur bangunan rawan kerusakan

Struktur bagunan yang berada di sempadan sungai lebih mudah rusak, karena resiko tanah disekitar bangunan mengalami abrasi akibat tergerus oleh aliran air sungai, apalagi di musim penghujan tanah disekitar bangunan menjadi labil dan mudah longsor.

4. Biaya pemeliharan yang tinggi

Bangunan di sempadan sungai akan diperlukan biaya perawatan yang lebuh tinggi karena perlunya perawatan berkala baik itu untuk penguatan tanah disekitar dan penguatan struktur bangunannya yang berdekatan langsung dengan aliran sungai.

5. Membahayakan Keselamatan Penghuni

Ketika musim penghujan banjir dapat terjadi dan dapat merusak atau menghancurkan bangunan yang berada di sempadan sungai, resiko ini akan mengancam keselamatan jiwa dari penghuni bangunan tersebut.

Tapi sampai saat ini pihak developer berkah Syriah yang beralamat Perumahan syariah KC.aik tebat RT 2 dusun 5.kec Mendo barat.bangka. sampai saat ini pihak developer bungkam.

Team pun coba konfirmasi ke pihak developer melalui pesan WhatsApp belum ada jawaban.

Team pun coba konfirmasi ke pihak RT melalui pesan WhatsApp dan juga belum ada tanggapan.

Tidak sampai disitu team pun coba konfirmasi pihak kades melalui pesan WhatsApp centang biru tidak ada tanggapan.

(Team)

SANJAYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *